Sistem Kerja Perangkat di Dalam Komputer

Komputer merupakan sebuah mesin yang bekerja untuk  memproses, menyimpan, serta mendapatkan data.
Data-data tersebut berupa angka, karakter, titik warna, gelombang bunyi atau suatu kondisi sebuah sistem, seperti pendingin atau CD player. Semua data disimpan dalam bentuk angka-angka.
Angka tersebut dalam bentuk bilangan biner yang diwakili oleh angka 1 dan 0 yang sering disebut bit. Supaya mudah dalam mengingatnya, maka komputer mengelompokan data biner tersebut menjadi  nible, byte dan  word.


Dengan mengelompokan tersebut, selain mudah diingat, juga akan memudahkan pengguna dalam menuliskan sebuah program berupa kode yang dimengerti oleh mesin, merancang sebuah struktur data dan algoritma yang komplek.

Komputer memanipulasi data dengan melakukan operasi, baik penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian. Hasil manipulasi angka tersebut ditunjukan dalam bentuk gambar pada monitor serta deretan angka-angka pada memori video, dimana masing-masing angka atau sejumlah angka akan mewakili suatu pixel warna.

Untuk memainkan sebuah MP3, komputer akan membaca deretan angka-angka dari disk dan memindahkannya kedalam memori. Selanjutnya komputer menggerakkan angka-angka tersebut untuk dikonversi menjadi data audio yang dimampatkan. Dan yang terakhir adalah data audio yang dimampatkan tersebut akan dikirim ke chip audio. Semua hal yang dikerjakan oleh komputer, mulai dari web browsing  sampai mencetak, melibatkan perpindahan dan pemprosesan angka. Secara elektronis komputer tak lain hanya suatu sistem atau benda yang hanya dirancang untuk menyimpan, dan memindahkan, menggerakkan, serta merubah angka-angka.



Komputer terdiri dari beberapa komponen, yang secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu: berupa perangkat keras dan perangkat lunak. 

Komponen utama pada perangkat keras, terletak pada pusat komputer adalah  prosesor, prosesor ini berfungsi mengeksekusi program komputer.  

Selain prosesor, komputer juga mempunyai memori. Dalam sebuah komputer biasanya terdapat beberapa memori yang berbeda-beda. Memori ini digunakan untuk menyimpan program ketika prosesor sedang bekerja. 


Komputer juga mempunyai piranti untuk menyimpanan dan mempertukarkan data dengan dunia luar atau yang sering disebut I/O.  

Piranti I/O akan mempertukarkan data, seperti: masukan teks melalui keyboard serta mendisplaykannya pada layar monitor. I/O juga digunakan untuk memindahkan data maupun program ke atau dari suatu disk drive, modem, printer, mouse dan lain-lain.



Perangkat lunak mengendalikan fungsi dan operasi sebah komputer.

Ada beberapa lapisan (layer) perangkat lunak yang digunakan didalam komputer. Secara umum lapisan akan saling berhubungan dengan layer diatas atau dibawahnya.

 

Pada perangkat lunak tingkatan yang paling rendah, perangkat lunak dijalankan oleh prosesor ketika komputer pertama kali dihidupkan.

Perangkat lunak ini melakukan inisialisasi perangkat keras sistem tersebut untuk mengetahui kondisi dan mengatur komputer pada operasi yang benar. Perangkat lunak ini bersifat permanen dan disimpan dalam memori komputer. Perangkat lunak inilah yang dikenal sebagai firmware.

Firmware digunakan untuk meletakan program bootloader. Bootloader adalah sebuah program khusus dan dijalankan oleh prosesor ketika membaca sistem operasi dari disk atau memori nonvolatile yang kemudian menempatkannya di dalam memori. Bootloader biasanya dimiliki komputer desktop dan workstation.

Lapisan perangkat lunak diatas firmware, adalah sistem operasi. Perangkat lunak ini berfungsi mengendalikan operasi komputer, mengorganisir penggunaan memori dan mengendalikan peralatan seperti keyboard, mouse, monitor, disk drive, dan sebagainya. Sistem operasi juga memberikan fsilitas kepada user untuk melakukan antarmuka dengan piranti lain, menjalankan program.

aplikasi dan mengakses file memori luar seperti Compact Disk (CD).
Sistem operasi, secara umum menyediakan satu set tool untuk program aplikasi, melakukan suatu mekanisme pengaksesan monitor, disk drive, dan seterusnya.

Kenyataan dilapangan sebuah komputer tidak semua menggunakan sistem operasi. Sering juga komputer bersifat sangat sederhana dan langsung menjalankan tugasnya. Pada permasalahan tertentu, seperti router jaringan, perangkat lunaknya terintegrasi dan sangat sederhana proses pengembangan.

Perangkat lunak pada lapisan paling tinggi adalah perangkat lunak aplikasi yang merupakan program yang langsung berhubungan dengan kemampuan sebuah komputer. Kemampuan sebuah komputer sangat tergantung pada aplikasi perangkat lunak sistem.

sumber :suprapto (Bahasa pemrograman untuk SMK)








0 Response to "Sistem Kerja Perangkat di Dalam Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel